SOP BEKAM

STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)
KLINIK BEKAM (AL HIJAMAH)

Standard Operating Procedure (SOP) merupakan satu set pedoman dalam suatu organisasi yang menjelaskan prosedur kegiatan rutin. SOP sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. SOP  klinik Bekam dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pelayanan agar kualitas pelayanan dari Klinik Bekam ataupun Praktek Bekam terstandart, seluruh pelanggan/pasien akan merasakan pelayanan yang sama tanpa dibedakan status sosialnya.

I. SOP INSTRUMEN KLINIK BEKAM
  1. Menggunakan alat kop (Kop Bekam) dengan beberapa ukuran, dari yang kecil dengan diameter 1.5 cm hingga 7 cm, beserta hand pump-nya, sehingga kekuatan tarikan/penyedotannya dapat diatur sesuai dengan harapan pelanggan.
  2. Alat pengeluaran darah bekam berupa pisau bedah steril atau surgical blade nomor 15 beserta scaple sebagai gagangnya, bukan silet cukur yang sama sekali tidak steril.
  3. Kasa steril untuk membersihkan darah dan mensteril kulit yang hendak dihijamah (bekam), bukan tissue atau kain perca yang sama sekali tidak steril dan bahkan berbahaya bagi pasien.
  4. Klempean untuk menjepit kapas steril saat mensteril medio hijamah (bekam)
  5. Nampan dan kom dari bahan steinless steel
  6. Handglove atau sarung tangan
  7. Facemasker untuk pelindung hidung dan mulut penghijamah
  8. Alkohol konsentrasi minimal 70% untuk membersihkan kulit yang hendak dihijamah
  9. Yodium povidone sebagai antiseptic yang memang bersifat sporosidal
  10. Minyak Herba Jawi 99, minyak habbatussauda' untuk mempercepat penyembuhan dan penutupan luka bekas torehan.
  11. Kursi khusus untuk pasien
  12. Divan (tempat tidur) pasien
  13. Verban Tromol berbagai ukuran
  14. Sterilizer
  15. Dan beberapa instrument lainnya sebagai penunjang


II. INSTRUMENTARIUM & ALAT-ALAT HIJAMAH (ALAT-ALAT BEKAM)
Dalam merawat pasien, Rawat Sehat Mugi Barokah (RS. Mubarok) menggunakan instrumentarium standar medis modern yang steril, higienis dan tidak akan membahayakan pasien, yaitu:

- Alat Kop Angin
Alat Kop menggunakan kop angin, sehingga kekuatan cupping disesuaikan dengan kondisi pasien yang dirawat, bukan menggunakan tanduk hewan yang tidak steril. Alat Kop yang dipakai dari berbagai merk dianataranya : Alat Kop ABI, KZ dan sammora


- Surgical Blade (Pisau Bedah) Steril
Pisau bedah steril yang terbungkus rapat menggunakan aluminium voil, ada masa kadaluwarsanya dari pabrik. Bahkan RS. Mugi Barokah menggunakan surgical blade produksi Jerman, meskipun harganya lima kali lipat dari harga barang serupa dari Taiwan atau Cina. Metode hijamah (Bekam) di RS. Mugi Barokah tidak menggunakan SILET, karena silet tidak steril dan justru berbahaya bagi pasien karena dapat menjadi carsinogen (biang kanker), yang dampaknya baru muncul setelah beberapa tahun kemudian.

- Scaple.
Gagang surgical blade dengan bentuk khusus dari bahan stainless yang memang sudah disesuaikan dengan bentuknya.

- Antiseptik
Fungsinya sebagai pembersih dan sterilisasi kulit yang hendak dihijamah (bekam), sesuai standar bedah minor


- Minyak Habbatussauda dan Herba Jawi 99
Fungsinya sebagai penutup dan penyembuh luka sayatan pada akhir proses hijamah, yang keampuhannya tidak mampu dikalahkan obat mana pun. Bahkan dengan teknik tertentu, dalam jangka waktu sekitar 10 jam, bekas luka sayatan tidak lagi terasa perih dan sudah sembuh, karena memang sayatan metode RS. Mugi Barokah sangat tipis, sehingga pasien nyaris tidak merasakan apa pun saat disayat.

- Kasa Steril
Kasa kualitas halus dipergunakan untuk sterilisasi kulit hijamah dan pembersih darah, sehingga tidak dikhawatirkan akan terjadi inveksi dan dampak lainnya karena penggunaan alat pembersih darah lain yang tidak steril dan bukan standar medical. Karena itu RS. Mugi Barokah tidak menggunakan TISSU atau pembersih lainnya yg tidak steril.

- Hand Glove
Sarung tangan dari bahan karet elastis, sebagai pelindung tangan dari sentuhan secara langsung dengan darah, RS. Mugi Barokah menggunakan Hand Glove pepermint sehingga tidak mengeluarkan bau apek sebagaimana sarung tangan pada umumnya.

- Face Masker
Tutup hidung dan mulut sesuai standar medis modern, sebagai pelindung dari dampak uap darah hijamah yang cukup keras.

- Klem Pean
Alat penjepit kasa steril dari bahan stainless yang mudah dibersihkan dan disteril ulang


- Bak, kom & Verban Tromol
Alat-alat penunjang dari bahan steinless yang mudah dibersihkan dan disteril ulang, sebagai wadah dan penampung beberapa jenis instrumen


- Rak Instrumen
Standar penggunaan rak instrumen sebagaimana dalam dunia medis


- Headlamp
Sebab alat penerang ketika penerangan kurang memadai, terutama saat melakukan torehan.


METODE STERILISASI ALAT BEKAM



Karena hijamah (bekam) merupakan metode pengobatan dengan mengeluarkan darah dan hampir semua instrumen (alat-alat bekam) bersentuhan dengan darah pasien, maka semua instrumen harus dibersihkan terutama dari unsur darah pasien, sehingga penghijamah (pembekam) merasa aman, dan pasien yang dirawat tidak akan tertular penyakit dari pasien yang sebelumnya menggunakan instrumen yang sama. Bahkan untuk beberapa kasus tertentu, pasien harus membeli alat-alat sendiri. Program sterilisasi instrumen di Rumah Sehat Mugi Barokah melalui beberapa tahapan berikut :


  1. Pembersihan darah yang menempel di cup menggunakan cairan Hydrogen Piroxyde (H2O2) dengan kadar 3%
  2. Pembersihan instrumen bekam dengan air mengalir
  3. Perendaman instrumen bekam dengan cairan desinfektan NaOCl (chlorin) dengan kadar 5%, perbandingan 1 : 9.
  4. Penirisan instrumen bekam di lemari khusus
  5. Sterilisasi instrumen bekam dengan menggunakan alat khusus yang disebut Dry sterilizing electric, dengan pemanasan antara 120 derajat Celcius hingga 200, tergantung jenis alat yang disteril dan tempo sterilisasi
  6. Kasa steril, kapas steril dan cup setril dimasukkan di sterelizing drums - tromol steril
  7. Ruangan hijamah dilengkapi dengan lampu UV, yang akan dihidupkan secara periodik














SEHAT DENGAN GURAH

Terapi Gurah di Surabaya | Pengobatan Gurah Surabaya | Gurah Surabaya | Rumah Sehat Mugi Barokah adalah pengobatan pengeluaran lendir-lendir/dahak dari rongga-rongga di hidung, kepala dan tenggorokan.


Terapi Gurah | Pengobatan Gurah telah sejak lama dipraktekkan di negeri tercinta Indonesia baik oleh masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Proses Terapi Gurah | Pengobatan Gurah adalah memasukkan cairan herbal alami kedalam lubang hidung (diamkan beberapa detik), kemudian pasien tengkurap atau menunduk. Maka seketika juga lendir-lendir/dahak akan keluar. Lendir-lendir atau dahak yang keluar ini, dari setiap pasien yang diterapi akan berbeda betuk, warna dan kekentalannya. Orang perokok akan berbeda dengan bukan perokok. Orang yang sering flu, pilek, sinusitis, bindeng, migrain, alergi debu, asma, polip dan semua penyakit yang berhubungan dengan pernafasan cocok dengan saat ini telah populer di negeri tercinta Indonesia. Terapi Gurah | Pengobatan Gurah saat ini ada di Jakarta, di Bandung, di Makasar, di Medan dan kota-kota lain dimana jumlah peminatnya sangat banyak. Orang yang hobi dan rutin melakukan Terapi Gurah | Pengobatan Gurah biasanya mereka yang berprofesi sebagai penyanyi, vokalis, guru, dosen, dll.

Terapi Gurah di Surabaya | Pengobatan Gurah Surabaya | Gurah Surabaya | Rumah Sehat Mugi Barokah merekomendasikan anda yang  mempunyai gangguan sinusitis, flu, bersin-bersin di pagi hari, alergi debu, migren, asma dan masalah pernafasan lainnya untuk melakukan  coba lakukan Terapi Gurah | Pengobatan Gurah. Terapi Gurah di Surabaya | Pengobatan Gurah Surabaya | Gurah Surabaya | Rumah Sehat Mugi Barokah, melayani terapi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dll. Silahkan mampir ke tempat Terapi Gurah | Pengobatan Gurah kami. Selain Terapi Gurah | Pengobatan Gurah, kami melayani pengobatan Bekam, Thai YO Massage, Terapi Lintah Surabaya  dan penjualan obat herbal/obat alami.


Persiapan dan Syarat Terapi Gurah | Pengobatan Gurah :
>>> Lambung dalam keadaan kosong (minimal 2 jam setelah makan berat)
>>> Tidak dalam keadaan sakit akut / tubuh lemah
Pantangan yang dilakukan setelah Terapi Gurah | Pengobatan Gurah :
>>> Hindari makan dan minum panas (sepekan)
>>> Hindari makan dan minum dingin (sepekan)
>>> Hindari makanan pedas dan gorengan (pekan)
>>> Hindari merokok (sangat bijak jika berhenti merokok - bagi perokok)
>>> Hindari bersuara keras dan kerja berat



TERAPI LINTAH
( LEECH THERAPHY )
SEBUAH PENGOBATAN MUTAKHIR ADOPSI ZAMAN KUNO

 
Sakit tangan/kaki, syaraf, pembekuan darah, darah tinggi, tiroid, kencing manis, cholesterol, asam urat, trigliserida, varises, narkoba, bisul/jerawat bernanah, sakit saat datang bulan, pengencangan wajah, melangsingkan betis, epilepsi/penyakit ayan.

Penyakit jantung / koroner | bengkak | lemah jantung | jantung bocor penyempitan pembuluh darah jantung | penyumbatan pembuluh darah jantung.

Kombinasi antara ramuan herbal alami – Antikoagulan, mampu membuat darah (platelet) tidak mudah pecah atau menggumpal. Menjadikan dinding pembuluh darah (endotil) kuat, tidak rapuh, dan tidak mudah ditembus oleh zat yang memecah dinding pembuluh darah. Darah yang mengencer dapat menurunkan tekanan darah tinggi, Melancarkan sirkulasi darah, mencairkan pembekuan darah / plak, membersihkan penyempitan / penyumbatan pembuluh darah di jantung. Menurunkan cholesterol. Melenturkan pembuluh darah jantung yang kaku, menurunkan ketegangan saraf. Menurunkan kadar superoksida yang merusak jaringan otot jantung dan menambah sistem kekebalan tubuh.

Kenapa harus jijik ?” Kalau manfaatnya nyata, sehingga melupakan manfaat pengobatannya. Orang Mesir memakai lintah sejak 2000 SM.




ZAT ALAMI AIR LIUR LINTAH

Dalam proses terapi lintah, ketika lintah menghisap darah, mereka memasukan air liur yang mengadung beragam zat kimia alami. Apa yang terjadi pada darah anda, ketika lintah menghisap selama 1-2 jam? Telah terjadi campuran yang kompleks, antara darah anda dengan zat-zat :

  1. Hirudin : masuk kedalam coagulant (darah kental) melalui pengikatan thrombin ( faktor dalam thrombin yang berupa enzyme ). Darah kental biasa keluar dari lubang gigitan, bersama darah cair.
  2. Anti infeksi : ( pinicilin ) untuk menjaga terjadinya enfeksi.
  3. Calin : berada didarah kental yang memblokir “factor von wilebrand”, dan berfungsi sebagai zat perantara (mediator) dalam proses agregrasi struktur darah yang disebut platelet.
  4. Destabilase : aktifitas monomerizing. Melumatkan vibrind ( produk akhir dari proses pengentalan darah ).
  5. Hirustasin : berada di enzim kalikrein; enzim trypsin yang berfungsi sebagai pelembutan protein menjadi peptone, untaian peptine, peptidase, dst. Peptidase merupakan enzim didalam pencernaan dan usus.
  6. Bdellins : zat yang mengurangi radang kulit merah, bengkak, sedikit dan gatal yang dialami sekitar 3-4 hari.
  7. Hyaluronidase : zat anti biotic sehingga “badan lintah” yang dianggap kotor tidak menyebabkan infeksi.
  8. Anesthetic Substance : penghilang rasa sakit setempat.
  9. Triptase Inhibitor : berada di enzim proteolytic dari mast cells dari suatu jaringan cyptoplasmic granule (mengandung heparin, hisatmine dan serotonin) yang dilepas saat mengalami pembengkakan dan alergi.
  10. Egllins : zat anti pembengkakan.
  11. Faktor xainhibitor : zat aktif darah anti kental (anti-koagulan).
  12. Complement Inhibitors : zat pengganti zat lain, jika ada kekurangan.
  13. Carboxypeptydase alnhibitors : meningkatkan aliran darah disekitar lokasi gigitan.
  14. Histaminlike subtance : berfungsi sebagai fosoldilator mengembangkan pembuluh darah sehingga hingga `liran darah lebih lancar.


Di negara maju AS dan Inggris, Jerman zat Hirudin diakui lebih aman dibanding dengan obat pencair darah buatan ( kimia ), karena efek sampingnya sangat minim.



REFERENSI

Safety and adverse effects of leech therapy; Leech Fact, U.S. approves leech therapy, article, The Bantam Medixal dictionary, BBC News Bloodsuckers hit the medical

 
  
MANAJEMEN KLINIK